-->

7 Pulau Eksotis Selain Bali

Advertisemen 300x250
Virus Dumay-Berjajar membentang di sebelah timur pulau dewata bali adalah kepulauan nusa tenggara, suatu wilayah di indonesia timur yang eksotis dan tak kalah dengan bali yang sudah dulu terkenal di manca negara. Bahkan beberapa pulau memiliki pantai yang indah dengan ombak menantang bagi penyuka olahraga air. Selain keindahan alamnya, nusa tenggara juga dikenal dengan berbagai tradisi dan budaya yang unik dan tentu saja keramah tamahan penduduknya. Keragaman hayati dan keindahannya yang membuat para pengunjung sangat terkesan dengan berbagai pulau di nusa tenggara. mari kita lihat daftar 7 pulau nan eksotis di nusa tenggara

1. Timor Barat

http://virusdumay.blogspot.com/


Timor Barat adalah sebuah wilayah yang mencakup bagian barat Pulau Timor, kecuali distrik Oecussi-Ambeno (sebuah eksklave milik Timor Leste). Secara administratif, Timor Barat merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ibu kota sekaligus pelabuhan utamanya ialah Kupang.
Alam yang indah termasuk pohon kelapa, pasir putih dan air biru jernih dari Lasiana pantai dan kolam renang alami bawah tanah yang terletak di sebuah gua kristal. Kupang juga merupakan tempat untuk berbelanja souvenir tekstil tenun ikat dan token kayu ukiran tangan. Pulau-pulau lepas pantai Timor Barat dari Kera dan Semau menawarkan pengalaman menakjubkan untuk snorkeling dan diving.

2. Pulau Alor

http://virusdumay.blogspot.com/

Pulau Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan.  Ini juga salah satu pulau di kepulauan yang paling ideal untuk wisatawan yang ingin merasakan kehidupan di lingkungan yang masih alami. dan untuk menjelajah bagian pulau alor wisatawan sering menggunakan perahu untuk melakukan perjalanan ke berbagai bagian pulau. Ibukota kabupaten yaitu kota Kalabahi adalah satu-satunya daerah datar di alor. Diving dan snorkeling adalah kegiatan populer di pulau Alor. Pantai indah Alor, termasuk Mali, Maimol dan Batu Putihsangat diminati untuk berjemur dan berenang santai.


3. Pulau Sumbawa

http://virusdumay.blogspot.com/

Sumbawa adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Sumbawa Besar. Kabupaten ini terletak di sebagian besar bagian barat Pulau Sumbawa. Batas-batas wilayahnya adalah: Laut Flores dan Teluk Saleh di utara, Kabupaten Dompu di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Sumbawa Barat di barat.
Sumbawa dikenal mempunyai tempat berselancar yang terbaik , namun sayang, tempat terbaik surfing dan menantang di pulau ini sebagian besar belum berkembang. Dengan daerah pegunungan, Sumbawa belum memiliki infrastruktur dan akomodasi pariwisata seperti pulau-pulau lain di Nusa Tenggara. Peselancar dapat menyewa bus atau charter mobil di kota Sumbawa Besar untuk mencapai tempat peristirahatan di Maluk atau Pantai Lakey. Di Sumbawa Besar juga menawarkan akses ke Pulau Moyo, sebuah atol dan cagar alam unuk tujuan snorkling yang populer.


4. Pulau Sumba

http://virusdumay.blogspot.com/

Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Luas wilayahnya 10.710 km²,  Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara. Selat Sumba terletak di utara pulau ini. Di bagian timur terletak Laut Sawu serta Samudra Hindia terletak di sebelah selatan dan barat.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini sendiri terdiri dari empat kabupaten:Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Kota tersebut juga terdapat bandar udara dan pelabuhan laut yang menghubungkan Pulau Sumba dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia seperti Pulau Sumbawa, Pulau Flores, dan Pulau Timor.
Warga Sumba sangat mempertahankan tradisi kuno. Entah itu situs pemakaman megalitik Zaman Perunggu, permainan perang Pasola atau tekstil ikat yang sangat detail yang untuk menciptakannya butuh waktu berbulan-bulan kerja, Sumba seperti sebuah pulau hilang dalam waktu. Sumba Timur memiliki beberapa resort bungalow di mana pengunjung dapat bersantai di pantai berpasir putih atau bermain olahraga air seperti surfing, snorkeling atau memancing.


5.Pulau Flores

http://virusdumay.blogspot.com/

Flores termasuk dalam gugusan Kepulauan Sunda Kecil bersama Bali dan nusa tenggara barat, dengan luas wilayah sekitar 14.300 km². Pulau Flores bersama Pulau Timor, Pulau Sumba dan Kepulauan Alor merupakan empat pulau besar di Provinsi nusa tenggara timur.

Suku bangsa Flores adalah percampuran etnis antara Melayu, Melanesia, dan Portugis. Dikarenakan pernah menjadi Koloni Portugis, maka interaksi dengan kebudayaan Portugis sangat terasa dalam kebudayaan Flores, baik melalui genetik, agama, dan budaya.
Pulau Flores menawarkan berbagai keajaiban alam dan arkeologi. Daya tarik paling terkenal di Flores adalah kaldera gunung Kelimutu, yang memiliki tiga danau yang berubah warna sesuai dengan jumlah oksidasi di dalam air. Temuan arkeologi berlimpah di Flores. Sebuah kapal perunggu prasejarah yang dipamerkan di Maumere, desa Bena dan Luba, kerangka yang sebelumnya tidak diketahui spesiesnya dan diberi nama Homo floresiensis yang dijuluki "hobbit," ditemukan pada tahun 2004.


6. Pulau Komodo

http://virusdumay.blogspot.com/

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal dunia sebagai habitat asli hewan komodo,karnivora kadal raksasa yang bisa mencapai hingga 3 meter (10 kaki). . Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah indonesia. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo. Komodo berkeliaran bebas, dan pengunjung menyewa pemandu wisata yang berpengalaman demi keamanan. Taman Nasional Komodo juga terkenal sebagai tujuan scuba diving  kelas dunia. Karena hiu, ular laut dan berbagai ubur-ubur hidup alami di terumbu karang, namun, itu bukan tempat untuk penyelam pemula. Daerah snorkeling seperti yang di Pantai Merah menawarkan pilihan alternatif untuk eksplorasi bawah air.

7. Pulau Lombok

http://virusdumay.blogspot.com/

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam "ekor" di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.

Lombok sering dibandingkan dengan tetangga terdekatnya: Bali. Lombok memiliki pantai yang indah, air terjun dan pemandangan gunung berapi sebagai pulau di Selat Lombok, Dalam banyak hal lombok  adalah surga tropis yang banyak orang yang salah dan mengira itu adalah bali. Wilayah utara pulau itu didominasi oleh gunung berapi besar yaitu Gunung Rinjan.lepas pantai barat laut Lombok adalah tujuan wisata pantai yang paling populer , sedangkan Senggigi resort adalah pusat berselancar paling populer, juga banyak pantai lainnya yang tak kalah menakjubkan. Dengan banyaknya laguna buatan manusia dan taman candi Narmada yang bangunannya bergaya arsitektur campuran Hindu, Islam dan Sasak, menjadi referensi untuk dikunjungi juga.
Advertisemen 336x280

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments